160 Pasien Ikut Operasi Katarak Gratis

Pangkalpinang – Sebanyak 160 pasien bakal menjalani operasi katarak gratis di RSK Bhakti Wara. Jumlah pasien ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya 157 pasien saja. Rencananya 18 pasien menjalani operasi dalam sehari. Hingga saat ini sudah 16 kali Yayasan Mata Terang memotori kegiatan amal serupa.

Terdapat beberapa instansi ikut mendukung terlaksananya kegiatan ini di antaranya, Polda Kepulauan Bangka Belitung, Danrem 045/Gaya, maskapai Sriwijaya Air, Tanjung Pesona Beach Resort, SLAH Belanda, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yayasan Tunas Karya dan RSK Bhakti Wara.

“Kami menyambut baik tawaran dari pihak Yayasan Mata Terang untuk melaksanakan operasi katarak gratis ini. Kami juga berharap acara serupa dapat dilaksanakan di rumah sakit provinsi. Sebab di wilayah Bangka Belitung cukup banyak penduduk yang menderita penyakit katarak,” ungkap Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat meninjau kegiatan amal tersebut, di RSK Bhakti Wara, Jumat (1/10/2013).

Tampak hadir pada kegiatan ini Latif Pribadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bangka Belitung, Marwan Kepala Sat Pol PP, Suharto Kepala Biro Umum dan Perlengkapan serta staf ahli gubernur.

Sementara itu Agoes Soelaiman Ketua Pembina Yayasan Mata Terang menjelaskan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian untuk membantu masyarakat kurang mampu di Bangka Belitung. Sehingga masyarakat penderita penyakit katarak dapat melihat dan menjalani aktivitas seperti biasa.

Sebagaimana dijadwalkan, operasi katarak gratis ini diselenggarakan mulai tanggal 29 Oktober hingga 8 November 2013 mendatang. Terdapat dua tenaga medis dari SLAH Belanda menangani operasi tersebut di antaranya, dokter Antonius J.G.M. Smit dan dokter Michiel D.W Blok.

“Senang rasanya bisa membantu orang lain agar dapat melihat dan dapat meringankan beban biaya operasi. Kami bersyukur masih bisa melaksanakan operasi gratis ini hingga ke enam belas kalinya. Mudah-mudahan di tahun mendatang, kami dapat menggelar kegiatan serupa dan bisa dua kali setahun,” jelas Agoes.(rf/ hzr)

Penulis: 
rf/hzr
Sumber: 
Diskominfo

Arsip Berita

Berita Lainnya

Berita Populer

02 Oct 2013 | 1,718 views

Gubernur Launching Program SATAM EMAS

06 Nov 2014 | 1,556 views

UMP Babel 2015 Ditetapkan Rp 2,1 Juta

09 Sep 2014 | 1,335 views

APBD 2015 Bangka Disahkan

01 Nov 2013 | 1,285 views

UMP Naik Rp. 375.000

01 Nov 2013 | 1,191 views

160 Pasien Ikut Operasi Katarak Gratis