2020, Babel Target Capai UHC

Pangkalpinang, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung targetkan capai Universal Health Coverage (UHC) di tahun 2020. Sampai dengan Juli 2019, UHC di Babel sudah mencapai 80,51 persen. Makna dari UHC adalah 95 persen penduduk di satu wilayah telah menjadi peserta program JKN KIS.

Pada saat Rapat Capaian UHC di Prov. Kep. Babel, Kepala Bappeda Kep. Babel Fery Insani mengatakan, di tahun 2020, Pemprov menyiapkan anggaran sekitar Rp 42,6 Miliar. Jumlah ini naik bila dibandingkan tahun sebelumnya, sekitar Rp 17,9 Miliar.

"Dukungan Kabupaten/Kota diperlukan untuk mencapai UHC, Pemprov akan membantu 50 persen dari penambahan PBI APBD yang diperlukan untuk mencapai UHC, 50 persen sisanya ditanggung Kabupaten/Kota, total Rp 42,6 M yang telah disiapkan Pemprov di tahun 2020," ungkap Fery Insani di ruang Pantai Romodong, Jum'at (16/08).

Fery Insani menambahkan, komitmen bersama diperlukan dalam mencapai UHC, terlepas persoalan yang ada. Bahkan menurutnya, Menteri PPN/Bappenas berpesan pada saat pertemuan di Medan beberapa waktu yang lalu, agar Pemda dapat menyukseskan program UHC.

"Kita bicara pariwisata, infrastruktur, tapi kita tidak berpikir tentang kesehatan, padahal kesehatan harus diutamakan, jadi arah pembangunan kita itu, menyiapkan SDM, Kesehatan, setelah itu baru kita berbicara yang lain," ungkapnya.

Senada dengan Fery Insani, Kepala Dinas Kesehatan Kep. Babel, Mulyono Susanto mengatakan, selain anggaran, komitmen dari Kabupaten/Kota diperlukan dalam pemenuhan kuota PBI UHC. Menurutnya pihak Kabupaten/Kota perlu melakukan revisi Peraturan Bupati/Peraturan Walikota terkait kriteria Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD.

"Selama belum merevisi Peraturan Bupati/Peraturan Walikota sulit untuk memenuhi PBI APBD, Provinsi sudah merubah Pergubnya, kita tidak menyatakan harus miskin, tapi peserta di luar BDT yang memang diajukan Pemkab/Pemkot, kalau kita mengacu BDT yang tidak ketemu pesertanya," ungkapnya.
 

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Kep. Babel