Babel Masuk Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2018

Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi salah satu dari lima belas Provinsi yang masuk dalam Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2018. Pada penilaian Tahap II, Tim Penilai Pusat melakukan verifikasi proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Verifikasi proses penyusunan RKPD dilakukan dengan mekanisme kunjungan lapangan dan Focus Group Discussion (FGD). Kemarin (21/03), Tim Penilai telah  melakukan kunjungan lapangan ke Kawasan Wisata Danau Biru dan Desa Bukit Kijang di Kabupaten Bangka Tengah, untuk melihat bagaimana pemanfaatan lahan dan kolong eks tambang timah yang telah dikelola dan dimanfaatakan menjadi lahan yang produktif dan bernilai ekonomis. Seperti menjadi daya tarik wisata, kolam budidaya ikan air tawar dan lahan pertanian untuk komoditas holtikultura.

Sementara itu, FGD  dilakukan untuk memverifikasi secara faktual proses yang telah dilaksanakan dalam penyusunan RKPD Pemprov. Kep. Babel Tahun 2018 dengan mengundang para pemangku kepentingan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pulau Ketawai, Kantor Bappeda Kep. Babel, Kamis (22/03).

Pada saat FGD, Tim Penilai Pusat Budhi Santoso cukup puas dengan apa yang  disampaikan Pemprov Kep. Babel. Menurut Budhi Santoso, dari hasil yang didapat, Tim Penilai akan memberikan nilai dan mempertahankan nilai tersebut didepan Tim Penilai lain.

"Bappenas mengirimkan 18 orang penilai ke seluruh Provinsi yang masuk dalan Tahap II, nilai yang saya berikan kepada Kep. Babel akan diperjuangkan ke Tim Penilai lain, untuk itu saya perlu mendapatkan dukungan data, dan apabila berhasil, ini akan menjadi salah satu tool untuk membangun Babel menjadi lebih berjaya," kata Budi Santoso pada saat FGD FGD Verifikasi Proses Penyusunan RKPD Pemprov. Kep. Babel Tahun 2018.

PPD, menurut Budhi Santoso, dilaksanakan dengan tujuan mendorong setiap daerah menyiapkan dokumen RKPD secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan.

"Jangan sampai RKPD yang disusun hanya menjadi seremonial dan berkonsentrasi pada APBD, jangan sampai RKPD-nya dimana, implementasinya kemana," lanjut Budhi Santoso.

Selain itu, menurut Budhi Santoso, PPD diharapkan menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan bermutu.

"Maksudnya, perencanaan yang efektif dan efisien, yang ketika dilaksanakan, berkontribusi pada pencapaian outcome, misalnya pencapaian pengurangan kemiskinan, bila konsisten pada RKPD dan menganalisa serta berdasarkan riset base dan data base, akan ada upaya untuk memperbaiki hal itu untuk berkontribusi pada pencapaian outcome," kata Budhi Santoso.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Kep. Babel Yan Megawandi menyambut baik kedatangan Tim Penilai Pusat, diharapkan dengan adanya verifikasi, RKPD yang disusun Pemprov. Kep. Babel semakin baik.

"Kami bersyukur kedatangan Bapak dan Ibu, untuk memverifikasi RKPD, sehingga apa yang kita rencanakan dan output serta outcome yang disusun menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya," kata Yan Megawandi.

Menurut Yan Megawandi, apa yang menjadi diskusi pada FGD dengan Tim Penilai Pusat, dapat menjadi masukan bagi Pemprov Kep. Babel untuk menyusun perencanaan yang lebih komprehensif, efektif dan mampu mengawal persoalan yang ada.

"Sehingga kami bisa fokus mengawal RPJMD, agar bisa di breakdown menjadi RKPD pada setiap tahunnya, sehingga bisa menyelesaikan persoalan yang sudah kita rekomendasikan untuk diselesaikan dalam 5 tahun RPJMD.

Kepala Bappeda  Kep. Babel Fery Insani menambahkan, Pemprov. Kep. Babel dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan berpedoman dengan Peraturan yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat.

"Proses penyusunan RKPD di Pemprov Kep. Babel sudah dijalankan sesuai dengan ketentuan, dan mengacu pada RPJPD dan RPJMD, harapan kita bahwa proses ini benar,  disusun berdasarkan aturan, dimanifestasikan dengan baik, dan capaian indikator dapat meningkat dari tahun ke tahun," pungkas Fery Insani.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Kep. Babel

Arsip Berita

Berita Lainnya

Berita Populer

02 Oct 2013 | 1,718 views

Gubernur Launching Program SATAM EMAS

06 Nov 2014 | 1,556 views

UMP Babel 2015 Ditetapkan Rp 2,1 Juta

09 Sep 2014 | 1,336 views

APBD 2015 Bangka Disahkan

01 Nov 2013 | 1,285 views

UMP Naik Rp. 375.000

01 Nov 2013 | 1,192 views

160 Pasien Ikut Operasi Katarak Gratis