Bappeda Babel Persiapkan Fasilitasi Rancangan Akhir RKPD Tahun 2022

Bappeda Babel Persiapkan Fasilitasi Rancangan Akhir RKPD Tahun 2022

Pangkalpinang, Penyusunan RKPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 sudah memasuki tahap akhir, yaitu Fasilitasi Rancangan Akhir RKPD yang dijadwalkan Kementerian Dalam Negeri pada Jumat (11/06) nanti.

Fasilitasi Rancangan Akhir RKPD merupakan tahapan perencanaan yang diamanatkan oleh Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, dimana RKPD Provinsi difasilitasi oleh Kemendagri, sedangkan RKPD Kabupaten/Kota difasilitasi oleh Provinsi.

Sekretaris Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Joko Triadhi mengatakan, sebelum fasilitasi, perlu dilakukan persiapan, salah satu pengisian form bahan kelengkapan pelaksanaan fasilitasi.

“Ada tujuh form yang harus diisi oleh Perangkat Daerah sebagai bahan kelengkapan Fasilitasi, besok akan diinput ke dalam SIPD, sehingga pada hari kamis kami dapat memfinalisasi bahan-bahan yang akan digunakan pada saat Fasilitasi, kata Joko Triadhi pada saat membuka Validasi Form Fasiltasi RKPD Prov. Kep. Babel Tahun 2022, Senin (07/06), melalui video meeting.

Kendala yang dihadapi oleh Perangkat Daerah pada saat pengisian form, menurut Joko Triadhi, harap diselesaikan dan dikoordinasikan bersama Mitra Perangkat Daerah didampingi Kasubbid dan Kabid yang ada di Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kami juga meminta kehadiran Perangkat Daerah untuk ikut pada saat Fasilitasi Rancangan Akhir RKPD yang dilakukan oleh Kemendagri, karena akan ada konfirmasi terkait program dan kegiatan yang akan dilaksanakan,” ujar Joko Triadhi.

Terkait perubahan SOTK yang baru-baru ini dilakukan, menurut Joko Triadhi, walaupun terjadi perubahan pada SOTK, tidak ada penambahan atau perubahan terhadap program, kegiatan dan subkegiatan. Hal ini dikarenakan program, kegiatan dan subkegiatan yang ada di dalam Renja mempedomani RKPD dan RPJMD.

"Pada tahap akhir ini, jangan sampai muncul program, kegiatan dan subkegiatan yang baru, karena seluruh tahapan perencanaan sudah ada berita acaranya, dan program, kegiatan, subkegiatan di dalam Renja merupakan turunan dari RPJMD dan RKPD, jangan sampai bila ada perubahan atau penambahan, akan menjadi masalah di kemudian hari," pesan Joko Triadhi.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Prov. Kep. Babel