Beri Arahan, Gubernur Ingatkan Perangkat Daerah Untuk Bersinergi

Pangkalpinang, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengingatkan Perangkat Daerah untuk dapat saling bersinergi dalam menjalankan Program dan Kegiatan. Hal ini dikatakan Erzaldi pada saat Audiensi Perangkat Daerah dengan Gubernur Kep. Babel, di ruang Tanjung Pendam, Rabu (12/02).

"Kerja PD jangan menonjolkan arogansinya, jangan tugas itu hanya tugas Dinas, Saya ambil contoh, keterkaitan Dinas Pertanian, Dinas Koperasi dan UKM, Disperindag, Dinas Sosial, Disnaker, Diskepora, serta Dinas Kelautan dan Perikanan, yang difokuskan pada peningkatan ekonomi masyarakat misalnya One Village One Product, untuk menjadi program kerja terintegrasi," kata Erzaldi Rosman.

Terkait anggaran untuk peningkatan ekonomi masyarakat, menurut Gubernur dapat memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR di Babel, kata Gubernur belum dimanfaatkan secara optimal. "Padahal bila dioptimalkan, KUR dapat menjadi salah satu pendorong ekonomi kita," ujar Erzaldi Rosman.

Gubernur Erzaldi Rosman juga berpesan kepada Perangkat Daerah untuk dapat menerjemahkan Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur kedalam program dan kegiatan.

"Pada saat menyusun program dan kegiatan harus dilihat dan ditinjau terlebih dahulu dalam RPJMD, sehingga apa yang menjadi Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur dapat dilaksanakan kedalam program dan kegiatan di Perangkat Daerah," ungkap Erzaldi Rosman.

Sebelum arahan dari Gubernur, Kabid Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah, Bappeda Kep. Babel, Agung Dwi Chandra menjelaskan tema pembangunan Prov. Kep. Babel untuk Tahun 2021. Yaitu, “Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Untuk Pengembangan Potensi Daerah”

"Tema ini sudah disinkronkan dengan prioritas nasional yang fokus pada infrastruktur dan SDM, untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditambahkan dengan pengembangan Potensi Daerah," kata Agung.

Tema pembangunan tahun 2021, dijabarkan dalam empat prioritas pembangunan daerah, pertama Pembangunan Infrastruktur, kedua Pembangunan Pendidikan, ketiga Pembangunan Kesehatan, serta keempat Peningkatan Tata Kelola Birokrasi dan Pelayanan Publik.

"Harapan kita, Perangkat Daerah dapat menjabarkan tema dan prioritas pembangunan tahun 2021 ini kedalam program dan kegiatan yang nantinya dilaksanakan pada tahun 2021," harap Agung.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Kep. Babel