Buka Musrenbang, Gubernur Kep. Babel Paparkan Lima Prioritas Tahun 2019

Pangkalpinang, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilakukan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2019. Didalam RKPD 2019, terdapat 5 prioritas yang telah dirumuskan, dengan mengacu pada Rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2019.

Dijelaskan Erzaldi Rosman, RKPD yang saat ini sedang disusun merupakan penjabaran dari RPJMD tahun 2017-2022, dan akan dilaksanakan pada tahun 2019. Hal ini untuk mewujudkan visi “Babel Sejahtera, Provinsi Maju yang Unggul di Bidang Inovasi Agropolitan dan Bahari dengan Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik yang Efisien dan Cepat Berbasis Teknologi”. 

"Sesuai arah kebijakan dalam tahapan perencanaan pembangunan tahun ke dua RPJMD, maka RKPD Tahun 2019 mengangkat tema “Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pembangunan Infrastruktur dan Konektivitas,” jelas Erzaldi Rosman pada saat Musrenbang RKPD 2019 di Ballroom, Hotel Novotel, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (5/4/).

Didalam RKPD Tahun 2019 ada lima prioritas, yang mengacu pada RKP Tahun 2019. Yang pertama Pengembangan Pembangunan Agropolitan, kedua Pengembangan Pariwisata, ketiga Peningkatan Ekonomi Masyarakat, keempat Pengembangan Energi dan Infrastruktur Kewilayahan serta kelima Pembangunaan Demokrasi.

Pada Prioritas pertama, Erzaldi Rosman memaparkan, Pengembangan   Pembangunan Agropolitan berhubungan dengan keinginan bersama untuk mengembalikan kejayaan lada, khususnya Muntok White Pepper untuk kembali berjaya di kancah internasional.

Dalam Pengembangan pariwisata yang menjadi prioritas kedua, menurut Erzaldi Rosman tidak ada kata mundur bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk terus mengembangkan Pariwisata. Hal ini diperkuat dengan  penghargaan yang diterima Pemprov Kep. Babel pada acara Sindo Weekly Government Award 2018. Pada penghargaan tersebut, Majalah Sindo Weekly menilai Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai provinsi terbaik yang memiliki perhatian dalam pembangunan bidang/kategori Pariwisata.

"Ini bukan hanya keberhasilan dari Gubernur, tapi keberhasilan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, keberhasilan birokrat, keberhasilan legislatif, keberhasilan yudikatif serta keberhasilan seluruh masyarakat Bangka Belitung yang betul-betul concern terhadap pengembangan pariwisata, ini menjadi bukti bawah arah  kebijakan pariwisata kita  sudah tepat dan sudah baik, tinggal bagaimana kita terus  mengembangkan kepariwisataan kita agar lebih baik dan maju lagi," tambah Erzaldi Rosman.

Peningkatan Ekonomi Masyarakat, menjadi prioritas yang ketiga di tahun 2019. Menurut Erzaldi Rosman, ini bukan hanya sekedar meningkatkan ekonomi masyarakat, tetapi bagaimana usaha Pemerintah untuk menekan angka inflasi, agar daya beli masyarakat terdorong naik.

Desa Mart yang merupakan kerjasama antara Pemprov. Kep. Babel dengan BUMDes, Kabupaten/Kota dan Bank BRI adalah salah satu kebijakan Pemprov Kep. Babel untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Dijelaskan Erzaldi Rosman, Desa Mart dibuka untuk mendekatkan kebutuhan masyarakat dengan harga yang sangat murah dan didukung dengan IT.

"Ketika mendapat barang dengan murah, saya yakin inflasi akan turun dengan sendirinya, inilah salah satu upaya kita," jelas Erzaldi Rosman.

Untuk prioritas keempat yaitu Pengembangan Energi dan Infrastruktur Kewilayahan, dijelaskan Erzaldi Rosman, Prov. Kep. Babel merupakan Provinsi Kepulauan yang memiliki banyak pulau. Untuk itu pembangunan infrastruktur, dengan mengedepankan konektivitas antar pulau menjadi sangat penting dan perlu dukungan dari semua pihak.

Pembangunan Demokrasi menjadi prioritas yang kelima pada RKPD Tahun 2019. Menurut Erzaldi Rosman, demokrasi dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dengan  saling menghargai dan beretika, bukan untuk saling menjatuhkan.

Pada akhir sambutan, Erzaldi Rosman mengharapkan Musrenbang yang  dilakukan dalam rangka penyusunan RKPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2019 dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Saya sangat mengharapkan Musrenbang ini dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya, sebagai upaya bersama untuk menyusun dokumen Rencana Pembangunan tahun 2019 yang berkualitas," pungkas Erzaldi Rosman. 

Pada kesempatan yang sama diberikan juga Penghargaan Pembangunan Daerah Serumpun Sebalai Tahun 2018. Kabupaten Bangka meraih terbaik pertama, Kabupaten Bangka Tengah meraih terbaik kedua dan Kabupaten Belitung Timur meraih terbaik ketiga. Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2018 kali ini menilai dokumen RKPD dan pencapaian pelaksanaan tahun sebelumnya.

Hadir pada saat Musrenbang RKPD Prov. Kep. Babel Tahun 2019, Instansi Vertikal di Prov. Kep. Babel, Pemerintah Kabupaten/Kota, Perangkat Daerah Pemprov. Kep. Babel, dunia usaha, akademisi dan stakeholder lainnya. 

Selain sambutan dari Gubernur Kep. Babel, turut pula memberikan sambutan dan arahan dalam acara tersebut, yaitu Menteri PPN/Kepala Bappenas Republik Indonesia yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia Adininggar Widyasanti dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang diwakili oleh Deputi III Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan Restuardi Daud.

Selain itu, Musrenbang RKPD Tahun 2019, diisi dengan Paparan dan Diskusi yang menghadirkan pembicara dari Kementerian PAN dan RB yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Budaya Kerja, Teguh Widjinarko dan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diwakili Kepala Pusat Pemprograman dan Evaluasi Keterpaduan Insfrastruktur,  Irwanto Nurmanto dengan Moderator Sekretaris Daerah Prov. Kep. Babel Yan Megawandi.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya I Photographer: Suluh Asmara Adhi I Adi Tri Saputra I Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Kep. Babel

Arsip Berita

Berita Lainnya

Berita Populer

02 Oct 2013 | 1,718 views

Gubernur Launching Program SATAM EMAS

06 Nov 2014 | 1,556 views

UMP Babel 2015 Ditetapkan Rp 2,1 Juta

09 Sep 2014 | 1,336 views

APBD 2015 Bangka Disahkan

01 Nov 2013 | 1,285 views

UMP Naik Rp. 375.000

01 Nov 2013 | 1,192 views

160 Pasien Ikut Operasi Katarak Gratis