Buka Musrenbang RKPD Tahun 2022 , Ini Pesan Gubernur Erzaldi Rosman

Pangkalpinang, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022, Rabu (06/04) melalui Video Meeting.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Erzaldi mengatakan, tahun 2022 merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017-2022. Namun, masih ada target RPJMD yang belum selesai. Selain itu, pandemi Covid-19 yang masih terjadi menjadi tantangan, karena berdampak bagi ekonomi maupun sosial.

“Cara pandang kita dalam melihat tahun 2022 tidak seperti tahun sebelumnya. Mengapa? Karena masih terdapat beberapa target RPJMD 2017-2022 yang belum selesai atau belum optimal, sehingga masih memerlukan upaya dan kerja keras untuk menuntaskan target-target tersebut,” kata Erzaldi Rosman.

Di tahun 2020, perekonomian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dihadapkan pada kondisi ketidakpastian akibat merebaknya virus Covid-19. Namun, menurut Gubernur Erzaldi, kondisi ketidakpastian jangan sampai membuat kita tidak melakukan apa-apa, tetap bergerak maju dengan penuh kreativitas dan inovasi menghadapi tantangan.

“Kita berharap bersama-sama dari unsur yang terendah RT, RW, Kades, Lurah, Camat, Bupati, Walikota, Gubernur dan semuanya kita bergandengan tangan merumuskan dan melawan pandemi Covid-19 dengan kita isi dengan berbagai aktivitas-aktivitas, kebijakan-kebijakan yang betul-betul dapat fight melawan covid-19 sehingga masyarakat kita akan lebih sejahtera, maju, karena kita membuat suatu program dan kebijakan yang betul-betul dapat memberikan manfaat serta peluang yang besar bagi masyarakat kita,” kata Gubernur Erzaldi.

Gubernur Erzaldi juga mengingatkan untuk masyarakat terus menjalankan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas, sebagai langkah meminimalisir penularan Covid-19. Menurutnya protokol kesehatan merupakan modal utama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Keseimbangan antara sehat masyarakat kita dan maju ekonomi kita adalah hal yang kita harapkan, tidak akan maju ekonomi kita kalau masyarakat kita tidak sehat, tetapi tidak juga masyarakat akan sehat apabila ekonomi kita tidak tumbuh, kedua hal ini berbanding lurus dan harus diseimbangkan dan di manage dengan baik, sehingga apa yang kita harapkan, yaitu pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung di tahun 2021 akan bergerak maju, menuju ke angka positif dengan target 3,32, sesuai dengan target yang berikan pemerintah pusat,” ungkap Gubernur Erzaldi.

Guna mencapai target-target yang telah ditentukan, Gubernur Erzaldi mengatakan, perlu dilakukan dengan kerja keras dan secara bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan. “Semoga apa yang akan kita bahas dalam Musyawaran Perencanaan Pembangunan ini betul-betul dapat membuahkan hasil yang kuat, kebijakan yang kuat, program yang kuat dalam rangka kita mengatasi kemiskinan memajukan ekonomi kita, menarik investasi yang banyak yang baik serta pembangunan kita betul-betul dapat kita lakukan dengan sebaik-baiknya tentunya kami berharap kerja sama dan semua seluruh stakeholder,” harap Gubernur Erzaldi.

Mewakili Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekretaris Bappeda Kep. Babel Joko Triadhi mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah merumuskan Rancangan RKPD Tahun 2022 dengan tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat Menuju Sumber Daya Manusia yang Unggul”.

“Rencana pembangunan tahun 2022 harus berorientasi pada enam prioritas utama, yaitu : Pembangunan agropolitan, Pembangunan bahari, Pembangunan pariwisata, Peningkatan ekonomi masyarakat, Pembangunan Pendidikan dan Pembangunan Kesehatan,” kata Joko Triadhi.

Pada kesempatan yang sama, ikut memberikan arahan dan paparan, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, Staf Ahli Menteri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga, Kemendagri, Sugeng Harioyo dan Staf Ahli Menteri Bidang Pemerataan dan Kewilayahan, Kementerian PPN/Bappenas RI, Oktorialdi.

Selain itu, disampaikan juga Penghargaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2021, dengan terbaik pertama Kabupaten Bangka, terbaik kedua Kabupaten Bangka Barat dan terbaik ketiga Kabupaten Belitung. Sedangkan untuk Penghargaan Penyampaian Laporan Pengendalian dan Evaluasi RKPD Kabupaten/Kota, terbaik pertama, Kabupaten Bangka Barat, terbaik kedua Kabupaten Bangka dan terbaik ketiga Kabupaten Bangka Tengah.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Prov. Kep. Babel