Buka Workshop, Joko Triadhi Paparkan Lima Pilar Penyusunan RAD-PG

Pangkalpinang, Sekretaris Bappeda Kep. Babel Joko Triadhi membuka Workshop dan Pendampingan Penyusunan dan Penyempurnaan Dokumen Rencana Aksi Pangan dan Gizi (RAD-PG), di ruang rapat Pulau Celagen, Kantor Bappeda Kep. Babel, Rabu (11/12).

Rencana Aksi Pangan dan Gizi di Perangkat Daerah menurut Joko Triadhi berperan dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, yang dimana teruang dalam RPJMN 2020-2024 dan RPJMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2017-2022.

"Di dalam RPJMN 2020-2024 tertuang bahwa salah satu prioritas nasional adalah meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing, sedangkan di RPJMD tertuang pada misi ketiga, meningkatkan sumber daya manusia yang unggul dan handal," kata Joko Triadhi.

Menurutnya ada lima pilar yang menjadi prinsip dan pendekatan kunci dalam penyusunan RAD-PG, pertama perbaikan gizi masyarakat, kedua peningkatan aksesbilitas pangan yang beragam, ketiga mutu dan keamanan pangan, keempat perilaku hidup bersih dan sehat dan kelima koordinasi pembangunan pangan dan gizi .

"Saat pelaksanaan RAD-PG di Perangkat Daerah, harus memperhatikan RPJMN dan RPJMD dan juga beberapa komitmen global, seperti The World Health Assembly pada tahun 2012, dan Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan," kata Joko Triadhi.

Joko Triadhi mengharapkan pelaksanaan Workshop dan Pendampingan Penyusunan dan Penyempurnaan Dokumen RAD-PG dapat dilakukan penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap masukan dari nasumber Bappenas, anggota tim RAD-PG Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Bappeda Kabupaten/Kota.

"Semua ini kita lakukan demi mewujudkan tujuan pembangunan Nasional, meningkatkan kesejahteraan seluruh warga negara," harapnya.
 

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Kep. Babel