Cermati Permasalahan Yang Ada Di Kabupaten dan Masyarakat

 

Pangkalpinang, Sekretaris Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Joko Triadhi berpesan agar Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dapat mencermati permasalahan yang dihadapi oleh Kabupaten dan masyarakat Bangka Selatan.

Menurutnya, permasalahan yang dihadapi oleh Kabupaten dan masyarakat Bangka Selatan diharapkan dapat diakomodir dan dituangkan kedalam dokumen perencanaan lima tahunan yang saat ini sedang disusun.

"Tentu saja, pemasalahan yang diakomodir dalam RPJMD harus berbasis data dan informasi yang valid, jadi tolong dilihat apa yang menjadi prioritas," kata Joko Triadhi pada saat membuka Konsultasi Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2021-2026, Senin (10/05), melalui Video Meeting.

Selain itu, Joko Triadhi, berpesan kepada tim penyusun RPJMD Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2021-2024 untuk dapat membangun komunikasi dengan DPRD, sebagai bagian dari pendekatan politis.

"Pendekatan politis bukan hanya memperhatikan visi dan misi Kepala Daerah terpilih, masukan dari DPRD juga perlu kita perhatikan dan kita akomodir dalam dokumen perencanaan, sehingga pada saat pembahasan Raperda RPJMD akan lebih lancar," kata Joko Triadhi.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Bappelitbangda Kabupaten Bangka Selatan, Herman mengatakan, Visi Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2021-2026 adalah "Basel Maju dalam Pertumbuhan Ekonomi, Pertanian, Perikanan dan Pengembangan SDM Berbasis Riset, Inovasi dan Gotong Royong,".

Guna mewujudkan Visi Kabupaten Bangka Selatan, menurut Herman dirumuskan dalam tiga misi daerah. Pertama, mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas melalui optimalisasi pemanfaatan potensi pertanian, perikanan dan pariwisata secara kreatif dan inovatif melalui penyediaan infrastruktur yang handal dan berkelanjutan.

"Kedua, mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas serat ketiga, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan public yang responsive dan akuntabel,'' Kata Herman.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Prov. Kep. Babel