Coaching Clinic ke Kemenpan RB, Babel Bawa SIPENA SAKTI

Pangkalpinang, Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus mengembangkan Aplikasi Sistem Informasi Pengendalian, Evaluasi dan Sakip Terintegrasi (SIPENA SAKTI). Ada beberapa fitur baru yang ditambahkan, diantaranya e-SAKIP dan Perjanjian Kinerja Eselon untuk II, III dan IV.

Pada saat Rapat Koordinasi Pelaporan Pengendalian dan Evaluasi Hasil Renja Triwulan II dan Penyusunan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Melalui Aplikasi SIPENA SAKTI, di ruang rapat Pulau Ketawai, Selasa (13/08), Sekretaris Bappeda Kep. Babel Joko Triadhi mengatakan, penambahan fitur dapat menguatkan fungsi SIPENA SAKTI dalam pengendalian dan evaluasi.

Berdasarkan Pemendagri No 86 Tahun 2017, menurut Joko Triadhi , pengendalian dan evaluasi merupakan dasar dalam menyusun perumusan kebijakan perencanaan di tahun berikutnya, termasuk dalam melakukan perubahan terhadap dokumen perencanaan.

Ditambahkan Joko Triadhi, Perangkat Daerah di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 28 Agustus akan melakukan Coaching Clinic terkait SAKIP. Pada kesempatan tersebut, SIPENA SAKTI akan ditampilkan sebagai sistem informasi yang digunakan Pemprov Babel dalam pengendalian dan evaluasi.

"Kemenpan RB ingin seluruh sistem informasi terintegrasi, mulai dari perencanaan, penganggaran, pengendalian dan evaluasi serta pelaporan, untuk perencanaan dan penganggaran sudah terintegrasi, untuk pengendalian dan evaluasi kita tampilkan SIPENA SAKTI yang terintegrasi dengan e-Planning dan telah ditambahkan e-SAKIP," ungkap Joko Triadhi.

Kabid Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah, Bappeda Kep. Babel, Agung Dwi Chandra menambahkan, selain melihat Sistem Informasi, baik perencanaan, penganggaran, pengendalian dan evaluasi serta pelaporan, Kemenpan RB juga akan melihat apakah pengendalian dan evaluasi sudah dilakukan secara berkala.

"Aplikasi SIPENA SAKTI sudah ditambahkan e-SAKIP, kita memanfaatkan ini untuk kepentingan pengendalian dan evaluasi, dalam e-SAKIP di tambahkan target tiga bulanan, yang terdiri dari indikator kinerja sasaran Renstra, capaian program, kegiatan, output dan outcome, selain itu juga ada Perjanjian Kinerja dari eselon II, III dan IV," ungkapnya.

Hadir sebagai pemateri Rapat Koordinasi Pelaporan Pengendalian dan Evaluasi Hasil Renja Triwulan II dan Penyusunan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Melalui Aplikasi SIPENA SAKTI, Andi Erwing sebagai pengembang.

 

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Kep. Babel