Dongkrak Nilai Lakip, Bappeda Babel Dorong Integrasi Si Pena Sakti dengan e-Monev dan Simda

Pangkalpinang, Sekretaris Bappeda Kep. Babel Joko Triadhi mengharapkan aplikasi Sistem Informasi Pengendalian, Evaluasi dan Sakip Terintegrasi (Si Pena Sakti) dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya, diantaranya dengan e-monev yang dikembangkan Biro Pembangunan dan Simda yang dikembangkan BPKP.

Menurutnya, dengan adanya integrasi, pengguna aplikasi Si Pena Sakti tidak perlu lagi mengentry data yang sama, cukup mengentry kinerjanya. Kemudahan ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi pengendalian dan evaluasi yang dilakukan Bappeda.

"Tidak hanya memudahkan pengguna, terintegrasinya Si Pena Sakti dengan e-monev dan Simda sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Kemenpan RB, hal ini dapat mendongkrak nilai Lakip Provinsi yang saat ini mencapai B menjadi BB," katanya pada saat Rapat Tindak Lanjut Pengembangan Sistem Informasi Pengendalian, Evaluasi dan Sakip Terintegrasi (Si Pena Sakti), di ruang Buku Limau, Senin (18/11).

Si Pena Sakti merupakan aplikasi yang dikembangkan Bappeda Kep. Babel untuk mengoptimalkan pengendalian dan evaluasi program dan kegiatan Perangkat Daerah. Rapat yang dilakukan bertujuan untuk menerima masukan dari pengguna aplikasi untuk pengembangan aplikasi kedepannya.

Lebih jauh Joko Triadhi menambahkan, pengendalian dan evaluasi tidak kalah penting dengan perencanaan, karena dari hasil dari pengendalian dan evaluasi menjadi bahan masukan untuk perencanaan tahun berikutnya. Untuk itu menurutnya, masukan dari pengguna sangat diperlukan dalam pengembangan serta memperkaya fungsi dari aplikasi Si Pena Sakti.

"Penggunaan aplikasi Si Pena Sakti diharapkan dapat mempermudah kita dalam melakukan pengendalian dan evaluasi, sehingga Bappeda dan PD dapat fokus dalam pekerjaan lain yang tak kalah pentingnya, seperti prioritas pembangunan daerah kita," ungkapnya.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Kep. Babel