DRD Babel Fokus Di Tiga Riset

Pangkalpinang, Permasalahan lada menjadi perhatian Dewan Riset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. DRD Babel ingin berkontribusi memberikan solusi pemasalahan lada, dari hulu hingga hilir.

Menurut Ketua DRD Babel, Hatamar Rasyid, Gubernur Babel meminta DRD fokus pada tiga riset, Lada, Pariwisata dan Thorium.

"DRD ingin berkontribusi, memberikan solusi dari permasalahan lada, dari hulu hingga hilir yang kemudian solusinya akan dilakukan oleh Perangkat Daerah (PD)," kata Hatamar Rasyid pada saat Rapat Penyusunan Program Dewan Riset Daerah (DRD) Prov. Kep. Babel Tahun 2018, di Ruang Rapat Pulau Ketawai Kantor Bappeda Kep. Babel, Kamis (08/02).

Selain itu, Hatamar Rasyid menambahkan, Gubernur memberikan perhatian terhadap masalah-masalah sosial yang ada di Bangka Belitung.

"Gubernur memberikan perhatian terhadap pernikahan dini yang menyebabkan penyebabkan perceraian, ini menjadi tantangan bagi DRD dan perguruan tinggi, untuk melakukan riset yang menyentuh langsung ke persoalan yang ada di daerah," kata Hatamar Rasyid.

DRD Babel berencana membuat bank data yang nantinya akan mengumpulkan penelitian yang ada di Babel dan terkait dengan pembangunan.

"Seperti penelitian Batan tentang Thorium yang dilakukan di Bangka Barat," kata Hatamar Rasyid.

Anggota DRD Babel dan juga Kepala Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan, Bappeda Kep. Babel, Agung Dwi Chandra, mengatakan, penting bagi DRD Babel merumuskan kebijakan pembangunan terutama dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk lima tahun kedepan, yang nantinya akan menjadi pegangan dalam melakukan kajian penelitian.

"Apa yang kita susun ini nantinya menjadi pijakan bagi peneliti yang ada di Babel, sesuai dengan arah pembangunan kita selama lima tahun, yang kemudian kami dari Bappeda akan mengintegrasikan ke perencanaan," katanya.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Kep. Babel

Arsip Berita

Berita Lainnya

Berita Populer

02 Oct 2013 | 1,717 views

Gubernur Launching Program SATAM EMAS

06 Nov 2014 | 1,555 views

UMP Babel 2015 Ditetapkan Rp 2,1 Juta

09 Sep 2014 | 1,335 views

APBD 2015 Bangka Disahkan

01 Nov 2013 | 1,284 views

UMP Naik Rp. 375.000

01 Nov 2013 | 1,191 views

160 Pasien Ikut Operasi Katarak Gratis