Gubernur Babel Minta Perangkat Daerah Sinkronkan Kegiatan

Pangkalpinang, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, menegaskan kepada Perangkat Daerah di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov .Kep. Babel) untuk mensinkronisasikan kegiatan antar Perangkat Daerah guna menunjang program prioritas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Ada hal-hal prioritas kita yang harus bergerak sama-sama," kata Erzaldi pada saat Arahan Gubernur Kep. Babel Perihal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Prov. Kep. Babel Tahun 2019 dan Penyampaian Surat Edaran Gubernur Kep. Babel tentang Pedoman Penyempurnaan Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah Prov. Kep. Babel Tahun 2019, di Ruang Rapat Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Senin, (12/02).

Erzaldi Rosman mencontohkan sinkronisasi pengembangan pariwisata, tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Babel. Pengembangan pariwisata merupakan salah satu dari lima prioritas Pemprov Babel tahun 2019.

"Dinas PU harus memastikan tidak ada lagi jalan ke destinasi wisata yang terganggu, sinkronkan dengan Dinas Perhubungan untuk memastikan ada lampu jalan menuju destinasi wisata dan lampu jangan ada yang mati, pastikan juga di destinasi wisata harus terpasang," kata Erzaldi Rosman.

Erzaldi Rosman meminta kepada Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bappeda Kep. Babel), Asisten dan Staf Ahli untuk bisa mengetahui benang merah antar kegiatan di Perangkat Daerah.

Terkait Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019, Sekertaris Daerah (Sekda) Pemprov. Kep. Babel Yan Megawandi menyoroti keterkaitan kegiatan yang diusulkan Perangkat Daerah di Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan kegiatan yang ada di Kementerian/Lembaga.

Menurut Yan Megawandi, hal tersebut menjadi penting untuk menarik dana APBN masuk ke Provinsi Bangka Belitung.

"Jangan tidak nyambung dalam mengusulkan kegiatan APBD maupun APBN di tingkat Provinsi maupun tujuh Kabupaten/Kota, kalau mau kegitan kita dibiayai APBN, Bapak dan Ibu harus melihat apa yang menjadi prioritas yang ada di Kementerian/Lembaganya," kata Yan Megawandi.

Ditambahkan Yan Megawandi, di Rancangan Awal RKPD Tahun 2019, ada lima yang menjadi prioritas, pertama Pengembangan Pembangunan Agropolitan, kedua Pengembangan Pariwisata, Ketiga Peningkatan Ekonomi Masyarakat, keempat Pengembangan Energi dan Infrastruktur Kewilayahan dan kelima Pembangunan Demokrasi.

Terkait usulan kegiatan tahun 2019, Kepala Bappeda Kep. Babel, Fery Insani mengingatkan kepada Perangkat Daerah untuk memastikan usulan kegiatan melalui e-Planning dan termaktub dalam RKPD 2019.

"Pastikan usulan melalui e-Planning dan termaktub dengan rkpd, apapun itu," kata Fery Insani.

Pada Arahan Gubernur Kep. Babel Perihal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Prov. Kep. Babel Tahun 2019 dan Penyampaian Surat Edaran Gubernur Kep. Babel tentang Pedoman Penyempurnaan Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah Prov. Kep. Babel Tahun 2019 ini, dihadiri oleh Perangkat Daerah yang ada di lingkungan Pemprov. Kep. Babel dan Ketua Tim Advisory Bidang Percepatan Pembangunan Gubernur Provinsi Kep. Babel Rino Wicaksono.

 

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Kep. Babel

Arsip Berita

Berita Lainnya

Berita Populer

02 Oct 2013 | 1,718 views

Gubernur Launching Program SATAM EMAS

06 Nov 2014 | 1,556 views

UMP Babel 2015 Ditetapkan Rp 2,1 Juta

09 Sep 2014 | 1,336 views

APBD 2015 Bangka Disahkan

01 Nov 2013 | 1,285 views

UMP Naik Rp. 375.000

01 Nov 2013 | 1,192 views

160 Pasien Ikut Operasi Katarak Gratis