Kepala Bappeda Babel Buka Bimtek Pelaksanaan Aksi dan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Web Monitoring Stunting

Pangkalpinang, Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka Bimbingan Teknis Pelaksanaan Aksi dan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Web Monitoring Stunting Terbaru Secara Daring (Online) Tahun 2021, Senin (22/03)

Bimtek yang bertujuan untuk mengenalkan aplikasi Web monitoring Stunting terbaru, dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 22 sampai dengan 23 Maret 2021, dan diikuti oleh Perangkat Daerah di Provinsi dan Kabupaten/Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fery Insani mengatakan angka prevelansi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada dibawah angka nasional berdasarkan data dari SSGBI 2019 sebesar 27,7 persen.

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, prevalensi balita stunting di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar 23,37 persen, angka ini turun bila dibandingkan dengan hasil Riskesdas tahun 2013, yaitu 28,66 persen.

"Angka prevelansi stunting di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada dibawah nasional, hasil ini memacu kita untuk terus menurunkan stunting,'' kata Fery Insani melalui Video Meeting (22/03).

Lebih jauh Fery Insani mengatakan, permasalahan stunting bukan hanya tugas dari Dinas Kesehatan, melainkan tugas seluruh stakeholder di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurutnya, Dinas Kesehatan selama ini sudah melaksanakan intervensi gizi spesifik, seperti pemberian makanan pada ibu hamil, ibu hamil mengonsumsi tablet tambah darah, Inisiasi Menyusui Dini (IMD), pemberian ASI eksklusif, pemberian ASI didampingi oleh pemberian MPASI pada usia 6-24 bulan, dan berikan imunisasi lengkap pada anak.

"Penurunan prevelansi stunting bukan hanya tugas dari Dinas Kesehatan, namun seluruh stakeholder, dimana intervensi gizi sensitif yang dilakukan melalui kegiatan pembangunan diluar sektor kesehetan berkontribusi 70 persen terhadap angka intervensi stunting," kata Fery Insani.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Prov. Kep. Babel