MENGENAL FOLDER DAN MENGUNCI FOLDER TANPA MENGINSTALL APLIKASI PADA KOMPUTER

Pengertian Folder

Sebelum membahas pengertian dari folder dalam komputer, alangkah baiknya kita mengetahui asal-usul penggunaan nama folder di dunia nyata. Ada suatu alat atau benda yang dipakai sebagai tempat menyimpan file berupa kertas yang agar file-file kertas tersebut dapat terlindung dari debu dan tidak mudah kusut. Di Amerika Serikat benda seperti itu dinamakan File Folder, sedangkan di Inggris dan Australia dinamakan Folder. Jadi intinya benda yang bernama folder tersebut digunakan untuk memisahkan file berbentuk kertas sesuai dengan jenis filenya serta dengan folder tersebut dapat mengurangi resiko kerusakan file karena biasanya folder terbuat dari material yang lebih keras dari kertas. Bahan dasar folder bisa berbeda-beda, bisa terbuat dari kertas yang lebih keras atau bisa juga terbuat dari plastik.

Sedangkan folder pada komputer fungsinya tidak jauh berbeda dengan folder yang telah dijelaskan di atas. Perbedaannya adalah folder dalam komputer berbentuk digital sedangkan folder untuk menyimpan file kertas berbentuk fisik. Lalu apa pengertian folder pada komputer yang sebenarnya?

Pengertian folder adalah suatu program pada komputer yang berguna untuk menyimpan berbagai macam file di dalamnya. Fungsi utama dari folder adalah untuk menyimpan file sekaligus mengelompokkannya menurut jenis file itu sendiri. Misalnya kita memiliki banyak sekali file di dalam komputer, untuk mempermudah dalam pencarian file kita perlu mengelompokkannya kepada beberapa bagian. Kita perlu membuat beberapa wadah untuk menyimpan file musik, dokumen, dan foto. Disanalah kegunaan dari folder, kita bisa menyimpan file musik pada sebuah folder yang telah kita buat yang dikhususkan untuk menyimpan file musik, folder tersebut telah kita berinama folder Musik. Dan begitupula dengan file-file jenis lainnya, disimpan dalam sebuah folder masing-masing. Maka ketika kita membutuhkan file musik kita tinggal cari saja folder Musik di komputer kita.

Secara default, folder pada komputer yang bersistem operasi Windows dapat dibedakan menurut iconnya. Icon yang digunakan untuk sebuah folder menggunakan simbol gambar berbentuk tas atau koper warna kuning. Nama lain dari folder adalah directory, fungsi dari directory itu sendiri sama dengan fungsi daripada folder. Biasanya penggunaan bahasa directory digunakan pada komputer berbasis DOS dan Linux.

 

Cara Membuat Folder pada Windows

  1. Masuk ke Windows Explorer (atau tekan tombol Windows + W bersamaan)
  2. Pilih drive yang diinginkan, misal drive C/drive D atau yang lainnya
  3. Arahkan pointer ke ruang kosong, kemudian klik kanan, pilih New, kemudian pilih Folder
  4. Di drive C/ drive D : anda akan menemukan sebuah folder baru bernama “New Folder”, berinama folder baru tersebut dengan cara klik kanan mouse dan pilih Rename untuk memudahkannya dalam pencarian folder nanti ketika dibutuhkan.

 

 

Cara Mengunci Folder Tanpa Menginstall Aplikasi

Cara mengunci folder di windows tanpa Aplikasi tambahan. Windows merupakan sistem operasi yang saat ini sangat populer. Banyak perusahaan baik kantoran maupun instansi lainnya menggunakan windows sebagai sistem operasi mereka, atau anda yang membaca artikel ini mungkin sedang menggunakan windows. Pada artikel ini kita tidak membahas mendetail tentang windows,tapi kita akan membahas bersama – sama bagaimana cara untuk mengunci folder di windows. Tentunya anda punya folder/file – file penting yang tidak ingin diketahui oranga, bukan ?? Nah demi menjaga file – file tersebut, kita harus memberi pertahanan pada folder yang membungkus file – file tersebut, salah satunya menggunakan password.

Sebenarnya di Windows, kita bisa mengunci sebuah folder tanpa menggunakan software apapun. Tidak percaya ?? Langsung saja kita bahas. Dalam hal ini saya menggunakan Windows 7, namun bukan berarti cara ini hanya bekerja di Windows 7 saja, tidak. Anda bisa mencobanya di Windows yang lain.

  1. Pertama, kita buat saja folder misal namanya “Rahasia”, setelah itu masuk ke folder tersebut.
  2. Buka Notepad, copy paste script di bawah ini :

cls

@ECHO OFF

title Folder Rahasia

if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK

if NOT EXIST Rahasia goto MDLOCKER

:CONFIRM

echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)

set/p "cho=>"

if %cho%==Y goto LOCK

if %cho%==y goto LOCK

if %cho%==n goto END

if %cho%==N goto END

echo Invalid choice.

goto CONFIRM

:LOCK

ren Rahasia "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"

attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"

echo Folder locked

goto End

:UNLOCK

echo Enter password to unlock folder

set/p "pass=>"

if NOT %pass%== password di sini goto FAIL

attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"

ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Rahasia

echo Folder Unlocked successfully

goto End

:FAIL

echo Invalid password

goto end

:MDLOCKER

md Rahasia

echo Rahasia created successfully

goto End

:End

 

 

if NOT %pass%== password di sini goto FAIL

  1. Setelah dipaste, caribacaan password di sini.

 

Di baris itu kita memasukkan password yang akan di gunakan untuk folder nantinya.

  1. Misal passwordnya saya ganti pintarkomputer.com, maka

if NOT %pass%== muktibaik goto FAIL

 

  1. Kalau sudah, save. Beri nama file tersebut locker.bat.
  2. Kita lihat di folder dikunci yang tadi kita buat, sudah ada file locker.bat.
  3. Klik 2x pada file tersebut, bila diminta untuk mengisi password masukkan password yang tadi kita buat, (muktibaik)
  4. Akan keluar folder bernama Rahasia di dalam folder dikunci.
  5. Di folder Rahasia tersebut kita menyimpan file – file penting yang akan di amankan.
  6.  Untuk mengunci sekaligus menyembunyikan folder Rahasia, klik 2x pada file locker.bat, akan ada pertanyaan, isi saja y, yang berarti yes.

Sampai di sini, pembahasan kita sudah selesai. Untuk foldernya kembali cukup klik 2x pada file locker.bat, lalu masukkan password, enter.

Itulah sedikit pengenalan tentang  folder pada komputer dan cara mengunci folder tanpa menginstall aplikasi pada komputer. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda, saya dan kita semua. * Amin *

 

Daftar Pusaka Saduran :

Sumber: 
-
Penulis: 
MUKTI PURWANTO, S.Kom
Bidang Konten: