Pemprov Babel Bahas Ranwal RPJMD Kabupaten Belitung Timur Tahun 2021-2026

Pangkalpinang, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan konsultasi terhadap Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Belitung Timur Tahun 2021-2026, melalui Video meeting, Kamis (29/04).

Kabid Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah, Bappeda Kep. Babel, Agung Dwi Chandra mengatakan, konsultasi Ranwal RPJMD merupakan tahapan penyusunan dokumen perencanaan yang diamanatkan oleh Permendagri 86 Tahun 2017.

"Penetapan RPJMD, sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh Permendagri 86 Tahun 2017 paling lambat enam bulan setelah pelantikan Kepala Daerah," kata Agung Dwi Chandra melalui video meeting pada saat Konsultasi.

Kepala Bappeda Belitung Timur, Bayu Priyambodo mengatakan RPJMD Kabupaten Belitung Timur Tahun 2021-2026 nerupakan tahapan pembangunan periode keempat atau yang terakhir dari RPJPD Belitung Timur Tahun 2005-2025, sehingga menjadi penting karena akan mempengaruhi pencapaian target pembangunan.

"Visi pembangunan Kabupaten Belitung Timur Tahun 2021-2026 berdasarkan visi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, yaitu Belitung Timur Bangkit dan Berdaya," kata Bayu Priyambodo melalui video meeting, Kamis (29/04).

Dijelaskan Bayu Priyambodo, Bangkit merupakan suatu perubahan keadaan yang dapat berarti bangun, timbul/terbit atau mulai. Sedangkan Berdaya adalah suatu perubahan yang dapat berarti berkekuatan, berkemampuan, bertenaga, atau mempunyai akal.

"Belitung Timur Bangkit dan Berdaya adalah suatu perubahan situasi dan kondisi di Belitung Timur untuk terjadinya perubahan keadaan dari kondisi stagnan ke kondisi dinamis, terbangun dari kondisi lemah menjadi kuat, dari kondisi tidak memiliki semangat menjadi bersemangat dengan kemampuan melakukan atau mampu bertindak dengan menggunakan segala kekuatan, tenaga, akal, ikhtiar dan upaya," jelas Bayu.

Guna mencapai visi pembangunan, menurut Bayu, terdapat tiga misi pembangunan Kabupaten Belitung Timur, pertama membenahi manajemen penyelenggaraan ketatapemerintahan Kabupaten Belitung Timur agar berjalan sesuai dengan asas umum penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

"Kedua, pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk menciptakan wirausahawan daerah yang mandiri dan untuk perluasan kesempatan kerja, dan ketiga pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Belitung Timur melalui sinergitas kebijakan penanggulangan dan pengentasan kemiskinan,'' kata Bayu Priyambodo.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Prov. Kep. Babel