Perangkat Daerah Jabarkan Tema RKPD Ke Dalam Program Dan Kegiatan Dan Sub. Kegiatan

Pangkalpinang, Sekretaris Bappeda Kep. Babel, Joko Triadhi mengharapkan Perangkat Daerah di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menjabarkan tema pembangunan, prioritas, fokus dan strategi prioritas pembangunan Tahun 2021 kedalam program dan kegiatan dan sub.kegiatan.

Hal tersebut disampaikan Joko Triadhi pada saat membuka Pembahasan Rancangan Akhir (Ranhir) RKPD Tahun 2021 Pasca Musrenbang, melalui Video Meeting, Kamis (14/05). Pembahasaan akan dilaksanakan selama lima hari, dari tanggal 14 sampai 20 Mei 2020.

Tahun 2021, Joko Triadhi mengatakan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusung tema pembangunan, “Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pengembangan Potensi Daerah Berbasis Masyarakat dan Peningkatan Pelayanan Dasar”.

"Kita harus sama-sama bersepakat, pada tahun 2021, pemulihan dampak pandemi Covid-19 menjadi prioritas Provinsi, dan kita terus berusaha dan berdoa agar pandemi ini segera berakhir sehingga pemulihan dapat kita lakukan," ungkap Joko Triadhi.

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang terjadi membuat tema rancangan awal dan prioritas pembangunan mengalami perubahan. Semula, pada rancangan awal ada empat prioritas pembangunan, akibat pandemi Covid-19 menjadi enam prioritas pembangunan, sembilan fokus pembangunan dan dua belas strategi prioritas pembangunan.

Adapun yang menjadi prioritas pembangunan, pertama peningkatan ekonomi masyarakat, kedua pembangunan agropolitan, ketiga pengembangan pariwisata, keempat pembangunan bahari, kelima pembangunan pendidikan dan keenam pembangunan kesehatan.

"Kami berharap kawan-kawan di Perangkat Daerah dapat mencermati betul dan menurunkan tema pembangunan, prioritas, fokus dan strategi prioritas pembangunan Tahun 2021 yang telah dijabarkan kedalam program dan kegiatan dan sub.kegiatan, sehingga apa yang kita lakukan dapat membantu masyarakat," ungkapnya.

Terkait, proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2021, Joko Triadhi mengatakan, saat ini RKPD sudah memasuki tahap penyusunan rancangan akhir. Di targetkan pada akhir bulan Mei, rancangan akhir RKPD Tahun 2021 dapat diselesaikan.

Ditambahkan olehnya, mempedomani Permendagri No 86 Tahun 2017, sebelum difasilitasi oleh Kemendagri, rancangan akhir RKPD Tahun 2017 akan disampaikan kepada Inspektorat untuk review.

"Setelah direview oleh Inspektorat, rancangan Perkada tentang RKPD akan disampaikan ke Kemendagri untuk difasilitasi, sebagai bahan penyempurnaan rancangan perkada tentang RKPD," kata Joko Triadhi.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Kep. Babel