RPJMD Pegangan Dalam Menyusun Cascading

Pangkalpinang, Sekretaris Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Joko Triadhi menekankan kepada Perangkat Daerah untuk menjadikan RPJMD sebagai pegangan dalam menyusun Cascading Perangkat Daerah. Namunnya, sebelum menyusun Cascading, Perangkat Daerah terlebih dahulu menyusun peta proses bisnis dari Perangkat Daerah.

Hal tersebut diungkapkan Joko Triadhi pada saat membuka Rapat Pembahasan Persiapan Penginputan Cascading Perangkat Daerah (PD) dalam Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Kemendagri, Kamis (26/08), melalui Video Meeting.

Ia menjelaskan, dalam menyusun cascading, dimulai dari RPJMD yang kemudian ke Renstra PD dan selanjutnya dituangkan ke dalam Indikator Kinerja Individu (IKI) Pegawai yang menyesuaikan dengan tujuan organisasi atau sasaran PD yang tertuang dalam Renstra PD.

“Benang merahnya harus dimulai dari RPJMD, jangan sampai nanti karena kita ingin menyesuaikan dengan IKI yang ingin kita capai, sehingga akhirnya berbeda dengan indikator kinerja dalam RPJMD,” kata Joko Triadhi.

Pada bulan September dan Oktober lanjutnya, pihak Kemenpan RB akan melakukan penilaian Sakip. Menurutnya, pihak Kemenpan RB akan memperhatikan cascading yang disusun oleh Perangkat Daerah, serta mendengar pemaparan dari Kepala Dinas dan Sekretaris mengenai cascading PD.

“Jadi silahkan kawan-kawan rumuskan, disepakati isinya seperti apa, dan menyampaikannya kepada Kepala Dinas dan Sekretaris mengenai cascading, sekali lagi saya tekankan untuk menjadikan RPJMD sebagai pegangan, diturunkan ke dalam Renstra baru ke IKI, jadi seperti itu kerangka berpikirnya, jangan dibolak-balik, nanti khawatirnya tidak nyambung dengan RPJMD”, katanya.

Joko Triadhi juga berpesan kepada Mitra PD yang ada di Bappeda untuk membantu mengawal proses penyusunan dan penginputan dari cascading, sehingga penyusunnya dapat berjalan dengan baik dan tidak memakan waktu yang lama.

“Kami di Bappeda siap membantu kawan-kawan di Perangkat Daerah dalam proses penyusunan dan penginputan cascading, sehingga apa yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik, harapannya nilai Sakip Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat nilai yang baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” harap Joko Triadhi.
 

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Prov. Kep. Babel