Susun Progran dan Kegiatan Berdasarkan Hasil Pengendalian dan Evaluasi

Pangkalpinang, Sekretaris Bappeda Kep. Babel Joko Triadhi berpesan kepada Perangkat Daerah dalam menyusun perencanaan tidak terjebak pada program dan kegiatan yang sifatnya rutin tanpa berdasarkan hasil pengendalian dan evaluasi.

"Jangan beralasan bahwa kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan, sehingga harus dianggarkan setiap tahun tanpa melihat efektifitas dari program dan kegiatan tersebut," ungkapnya pada saat Rapat Penyusunan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Melalui Aplikasi SiPena Sakti, di ruang Rapat Ketawai, Selasa, (19/11).

Di dalam Permendagri No 86 Tahun 2017, menurut Joko Triadhi telah diatur mengenai pengendalian dan evaluasi, dimana Kepala Perangkat Daerah melakukan pengendalian dan evaluasi terhadap kebijakan perencanaan strategis Perangkat Daerah Provinsi, yang kemudian laporan tersebut disampaikan kepada Bappeda.

"Laporan tersebut jangan hanya sekedar kewajiban, lakukanlah evaluasi terhadap kegiatan, sampaikan ke Kepala Perangkat Daerah apabila ada kegiatan yang belum tercapai target kinerja, sehingga dapat diperbaiki, baik itu program, kegiatan bahkan targetnya," kata Joko Triadhi.

Tingkat keterisian data di dalam e-database SIPD yang masih 50 persen jadi perhatian Joko Triadhi. Ia menghimbau Perangkat Daerah untuk dapat melengkapi data yang ada di e-database SIPD dan Bab II Perubahan RPJMD Prov. Kep. Babel Tahun 2017-2022. Karena menurutnya, dari datalah dapat tergambar isu strategis dan permasalahan yang harus diselesaikan.

"Merencanakan tidak berdasarkan data itu seperti gosip, karena tidak ada data yang menjadi dasarnya, fisosofi dari program dan kegiatan itu untuk menyelesaikan isu stratgis dan permasalahan yang dihadapi, tanpa adanya data, sulit untuk menggambarkan permasalahan yang ada," ungkapnya.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Kep. Babel