Targetkan Nilai A, Pemprov Akan Bentuk Satgas

Pangkalpinang, Nilai Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kep. Babel) menjadi perhatian dari Pimpinan Daerah. Untuk Lakip tahun 2017, Pemprov Babel mendapat nilai B.

Sekertaris Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bappeda Kep. Babel) Joko Triadhi mengatakan, Gubernur, Wagub dan Sekda meminta untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas), yang secara khusus mengawal proses penyusunan Lakip, sehingga Nilai Lakip tahun 2018 mencapai nilai A. Selain mendapat arahan langsung dari Gubernur. Tim ini akan mendapatkan pembekalan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), tentang langkah-langkah apa saja yang harus dikerjakan sehingga dapat menjadi suatu rencana aksi yang siap dilaksanakan.

"Untuk mendapatkan nilai A, skor harus diatas 80, tapi ini bukan hal yang tidak mungkin, karena ada daerah lain yang nilainya B, pada tahun selanjutnya langsung ke A tanpa melalui BB, jadi bukan tidak mungkin kita juga bisa langsung mencapai nilai A. Kalau daerah lain bisa, kenapa daerah kita tidak bisa," kata Joko Triadhi pada saat Rapat  Pembentukan Tim Satuan Tugas Penyusunan LAKIP,  di Ruang Rapat Pulau Ketawai Kantor Bappeda Kep. Babel, Jumat (09/02).

Joko Triadhi menambahkan, Bappeda Kep. Babel sudah merubah mindset, dalam menyusun perencanaan tidak hanya berpedoman pada Permendagri dan aturan dari Bappenas, tapi juga akan mengakomodir apa yang diinginkan Kemenpan RB kedalam dokumen perencanaan.

"Bappeda sangat berkomitmen, karena dari Rencana Strategis (Renstra) kami, Bappeda mendukung misi ke 5, yang indikator sasarannya adalah pencapaian nilai Lakip Provinsi.

Ditambahkan Joko Triadhi, Bidang-bidang yang ada di Bappeda telah  diamanatkan untuk membuat nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Perangkat Daerah yang menjadi mitra kerjanya mendapatkan nilai minimal B.

"Untuk mencapai nilai Provinsi A, maka semua PD harus mencapai nilai SAKIP B," menurut Joko Triadhi.

Pada kesempatan yang sama, Kabag Pengembangan Kinerja Biro Organisasi, Setda Pemprov Kep. Babel Wardati mengatakan, komitmen Pimpinan Daerah diperlukan untuk mencapai nilai Lakip, dengan nilai Lakip A. Dengan nilai Lakip A, dapat dipastikan visi dan misi Kepala Daerah tercapai.

"Untuk memastikan Perangkat Daerah mendukung visi dan misi, rencananya mulai 12 maret, Perangkat Daerah (PD) akan melakukan presentasi tentang program dan kegiatan yang mendukung Visi dan Misi Kepala Daerah," kata Wardati.

Tim Satgas akan mendapat pembekalan dari Kemenpan RB, yang kemudian Tim  Satgas akan melakukan asistensi ke seluruh PD untuk mempersiapkan Perangkat Daerah dalam melakukan presentasi.

"Kita tidak boleh berlama-lama, harus langsung lari bila Satgas sudah terbentuk, untuk mencapai nilai Lakip A," kata Wardati.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Kep. Babel

Arsip Berita

Berita Lainnya

Berita Populer

02 Oct 2013 | 1,717 views

Gubernur Launching Program SATAM EMAS

06 Nov 2014 | 1,555 views

UMP Babel 2015 Ditetapkan Rp 2,1 Juta

09 Sep 2014 | 1,335 views

APBD 2015 Bangka Disahkan

01 Nov 2013 | 1,284 views

UMP Naik Rp. 375.000

01 Nov 2013 | 1,191 views

160 Pasien Ikut Operasi Katarak Gratis