Bappeda Babel Gelar Bimtek Penyusunan Kerangka Ekonomi Makro

Pangkalpinang, Bertempat di Hotel Bangka City, Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Kerangka Ekonomi Makro, Senin, 27 September 2021.

Pada saat membuka acara, Sekretaris Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Joko Triadhi mengatakan, Bimtek yang dilaksanakan dengan tatap muka dan online, merupakan kegiatan hari pertama dari tiga hari pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari Dana Dekonsetrasi Kementerian PPN/Bappenas Republik Indonesia.

"Pada Bimtek ini, kita akan mendengar penjelasan dari narasumber bagaimana merumuskan kebijakan belanja daerah dan penentuan pagu indikatif Perangkat Daerah dalam mendukung prioritas nasional, yang nantinya akan diharapkan dapat memperkuat substansi dari dokumen yang akan kita susun dimasa yang akan datang" kata Joko Triadhi.

Kerangka ekonomi makro menurut Joko Triadhi sangatlah penting, karena merupakan salah satu wujud dari sinergitas antara Provinsi, Kabupaten/Kota dan Pemerintah Pusat.

Dalam mencapai target ekonomi makro, Pemerintah Pusat membutuhkan dukungan dari Pemerintah Provinsi, begitu juga Pemerintah Provinsi, membutuhkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten/Kota.

Ditambahkan Joko Triadhi, didalam RPJMD dan RKPD, dibuat secara khusus Bab mengenai Kerangka Ekonomi Makro, dalam Bab tersebut dihitung pencapaian dari target ekonomi makro dengan asumsi yang dibangun untuk mencapai target ekonomi makro.

"Target ekonomi makro ini akan diturunkan kedalam program dan kegiatan beserta pagu indikatif yang ada di Perangkat Daerah, secara tematik, holistik dan integratif, untuk mencapai target ekonomi makro," kata Joko Triadhi.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan, hari pertama (27/09) Bimtek Penyusunan Kerangka Ekonomi Makro, hari kedua (28/09) Rapat Evaluasi APBD dalam rangka mendukung keselarasan dengan Prioritas Nasional dan hari ketiga (29/09) Rapat Evaluasi RPJMD, Renstra dan Renja PD dalam rangka mendukung keselarasan dan pencapaian Prioritas Nasional.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Prov. Kep. Babel