Perubahan RPJMD Kabupaten Belitung Tahun 2018-2023: Harus Lebih Fokus

Pangkalpinang, Sekretaris Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Joko Triadhi mendorong Perubahan RPJMD Kabupaten Belitung Tahun 2018-2023 untuk lebih fokus menyelesaikan target-target pembangunan, mengingat masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati akan habis di tahun 2023.

Menurut Joko, di tahun 2023 fokus pembangunan akan tetap memprioritaskan pemulihan ekonomi akibat dampak dari pandemi Covid-19, Pendidikan, Kesehatan dan beberapa fokus yang lainnya.

"Tim penyusun harus lebih cermat dalam menentukan prioritas dalam program dan kegiatan, jangan sampai di akhir masa jabatan masih banyak yang belum terselesaikan," kata Joko Triadhi pada saat membuka membuka Evaluasi Raperda Perubahan RPJMD Kabupaten Belitung Tahun 2018-2023, Selasa (21/12) melalui Video Meeting.

Sebelumnya, Joko Triadhi menjelaskan, perubahan RPJMD dapat dilakukan apabila telah memenuhi persyaratan yang diamanatkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 dan sifatnya juga mutatis mutandis. Artinya tahapan penyusunan perubahan RPJMD sama dengan tahapan penyusunan RPJMD Induk.

Untuk proses perumusan RPJMD Kabupaten Belitung Tahun 2018-2023, menurut Joko Triadhi sudah sesuai dengan tahapan yang telah diatur dalam Permendagri No 86 Tahun 2017. Namun, dinamika yang terjadi pada beberapa tahun belakang ini membuat substansi yang telah dirumuskan harus berubah.

"Dinamika inilah yang memaksa kita untuk melakukan perubahan RPJMD, seperti dengan adanya Pemendagri 90 Tahun 2019 dan beberapa regulasi yang lain, serta pandemi covid 19 yang membuat kita merubah prioritas pembangunan dan sekaligus mengurangi kemampuan keuangan daerah," kata Joko Triadhi.

Selain itu, Joko Triadhi juga mengingatkan Pemerintah Kabupaten Belitung melakukan percepatan Penetapan Perda Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Belitung Tahun 2018-2023.

"Percepat penetapan Perubahan RPJMD, tidak hanya akan digunakan sebagai pedoman penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2023, secara administrasi pun akan lebih baik bila ditetapkan sebelum tahun 2021 berakhir, kami di Pemerintah Provinsi akan mempercepat proses evaluasi perubahan RPJMD," kata Joko Triadhi.

Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Sumber: 
Bappeda Prov. Kep. Babel